Resep Roti Tawar Tanpa Telur Hasilnya - Oke Chef

Latest

Cara Masak Ala Oke Chef

Wednesday, August 2, 2017

Resep Roti Tawar Tanpa Telur Hasilnya


Bahan:
  • 408 – 476 gr terigu cakra (saya pakai 435 gr
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 1/4 sdt ragi instan (±6 gram)
  • 1 sdt garam
  • 240 ml air (saya pakai fresh milk Diamond ±290 ml)
  • 2 sdm mentega tawar atau margarine (saya pakai margarine)


Cara membuat:
  • Cairkan butter (saya margarine) lalu tuang ke 240 ml air.
  • Dalam mangkuk campur 1 cup terigu, gula pasir, ragi instan dan garam lalu masukkan campuran air mentega (margarine) secara bertahap ke campuran terigu. Kocok 2 menit (saya pakai hand mixer philips pakai kocokan spiral) kecepatan sedang.
  • Lalu masukkan sisa terigu, kocok lagi sampai menjadi adonan yang halus/setengah kalis.
  • Kemudian uleni di atas permukaan yg ditaburi sedikit terigu sampai kalis dan elastis, sekitar 8-10 menit (ini waktu dan tangannya orang barat ya, kalo saya ±30 menit karena sambil dibantuin Bebe)
  • Olesi mangkuk dengan minyak, masukkan adonan ke dalam mangkuk sambil adonan diputari agar seluruh permukaan adonan kena dengan minyak. Tutup dengan plastic wrap. Diamkan 10 menit.
  • Kempiskan adonan. Gilas bentuk kotak. Gulung sambil dirapatkan dengan cara dicubit. Lalu masukkan ke dalam loyang 24x10x7 cm (saya pake loyang 12 x 23 x 6.5 cm yang dioles margarin) yg sudah diolesi mentega. Tutup dengan plasitk wrap. Diamkan sampai mengembang 2 kali dari ukuran semula, sekitar 45 menit.
  • Panggang dalam oven bersuhu 190c selama 30-35 menit. Keluarkan dari loyang. Olesi permukaan rotinya dengan mentega cair (saya margarin cair)
  • Dinginkan diatas rak kawat.

No comments:

Post a Comment