Cara Membedakan Telur Yang Masih Fresh Dengan Yang Tidak - Oke Chef

Latest

Cara Masak Ala Oke Chef

Thursday, August 3, 2017

Cara Membedakan Telur Yang Masih Fresh Dengan Yang Tidak


Terkadang, ketika membeli telur di pasar, kamu tak tahu apakah telur itu masih baru atau sudah lama di toko. Untuk mengeceknya, kamu bisa melakukannya dengan mudah, yaitu menenggelamkannya ke dalam air.
Tapi bagaimana caranya tahu seberapa lama telur itu bertahan lama untuk di simpan? Ketahui pedomannya berikut ini.


1. Guncangkan Telur Perlahan





Tips selanjutnya untuk memastikan bahwa telur yang Anda pilih masih fresh adalah dengan mengguncang telur secara perlahan. Tak perlu mengguncang terlalu keras karena pedagang bisa menegur Anda. Guncang telur secara perlahan dan dekatkan telinga.


Ciri-ciri telur yang bagus tidak akan mengeluarkan suara ketika di guncang. Pasalnya, tekstur putih telur masih sangat kental, berbeda dengan telur yang sudah lama maka bagian putihnya jadi lebih encer sehingga akan mengeluarkan suara jika dikocok. Telur yang masih segar memiliki bagian putih telur yang masih mengikat kuning telur dengan sangat rapat. 

2. Renam Telur Dalam Air




Cara memilih telur yang baik berikut ini tidak bisa Anda lakukan ketika masih berada di tempat pedagang telur karena Anda memerlukan media wadah dan air untuk melakukannya. Namun, cara membedakan telur busuk dan bagus ini bisa Anda lakukan di rumah untuk memastikan bahwa telur yang Anda pilih masih layak untuk dikonsumsi.

1 comment: